Koran Beta: Dari, Untuk, dan Bagi Anak

Sekar, Pinkan, Marcel, dan Samuel

Selain mengajar ekskul jurnalistik di Sekolah Kristen Calvin, saya juga mendapat kesempatan jadi relawan untuk Solidaritas Nusa Bangsa (SNB). SNB ini didirikan setelah kerusuhan Mei 1998. Awalnya untuk membantu dan mendampingi para korban kerusuhan Mei, setelah itu meluas, berfokus pada gerakan melawan diskriminasi.

SNB ini dipimpin oleh Ester Jusuf. Saya kagum sekali dengan beliau. Pemikiranya dalam, hidupnya bersahaja, konsisten, dan hatinya tulus. Kehormatan sekali bisa belajar dari dia.

Nah, SNB sekarang ini memiliki proyek baru. Mereka ingin buat koran, khusus dari, untuk, dan bagi anak-anak. Namanya koran Beta, singkatan dari Berita Anak. Lewat koran ini, ingin disampaikan pesan-pesan seperti masalah HAM, kepada anak-anak. Tantangan yang cukup sulit juga. Disini saya coba bantu-bantu sebisanya, berhubung latar belakang jurnalistik saya.

Koran Beta ini unik sekali. Semua anggota-nya anak-anak SD. Pemimpin Redaksinya, Samuel, kelas 4 SD. Total ada sekitar 5-6 anak yang bergabung. Mereka bertanggung jawab mengatur jadwal rapat. Beberapa kali saya ikut, lamanya bisa dua tiga jam. Disini mereka mengeluarkan ide-ide untuk koran mereka. Ester dan saya coba bantu arahkan, tapi tidak intervensi langsung.

Tema, isi, orang-orang yang akan diwawancarai, semua ditentukan oleh bocah-bocah ini. Kalau buntu, mereka akan memutuskan lewat voting. Demokratis sekali.

Mereka sudah wawancara Kak Seto, Ibu Magda dari KPAI, Brandon dan Putri Ayu dari “IMB.” Ketika lihat hasilnya, kagum juga saya. Draft pertanyaan dibantu, tapi semua proses wawancara, dilakukan oleh para bocah ini sendiri!

Senang lihat bocah-bocah ini. Polos, nakal, tapi jujur. Mereka berteman tanpa pandang warna kulit, agama, ataupun ras. Dalam rapat, beragam tema mereka gali. Hak bermain dibahas, masalah kemiskinan didiskusikan. Menarik sekali.

Kelihatannya, mereka yang mengajari saya banyak hal.

Sang Pemimpin Redaksi
rapatnya tidak kalah dengan orang dewasa, ada notulen juga.🙂
Saya temani mereka foto anak ini untuk materi koran, lupa namanya, tapi dia adalah pemeran film Mei
namanya anak-anak, tetep suka bercanda dan saling meledek ketika rapat🙂

2 thoughts on “Koran Beta: Dari, Untuk, dan Bagi Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s